VISI MISI TUJUAN SMA MUHAMMADIYAH PONTREN IMAM SYUHODO

 

VISI
“Terwujudnya Kader Bangsa dan Persyarikatan yang Berwawasan Masa Depan Berakhlaqul Karimah dan Unggul Dalam Imtaq dan Iptek”.

MISI
1. Memanfaatkan seluruh sumber daya sekolah untuk membentuk kepribadian muslim yang sesuai dengan ajaran Islam
2. Mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan potensi diri secara optimal.
3. Membina karakter untuk mewujudkan SDM yang mampu mengembangkan kecerdasan kognitif, emosional, sosial, dan spiritual.
4. Mempersiapkan kader bangsa dan persyarikatan yang tangguh dan mampu menerapkan nilai – nilai Islam.
5. Mengidentifikasi, mengembangkan, dan memfasilitasi pencapaian prestasi, minat dan bakat pelajar berdasarkan perkembangan teknologi yang tepat guna.

TUJUAN
Tujuan Sekolah

1. Tujuan Umum

Meletakkan dasar kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia, serta keterampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut

2. Tujuan Khusus

a. Terwujudnya perilaku peserta didik yang berkepribadian islami
b. Terwujudnya prestasi lulusan yang siap mengikuti pendidikan lebih lanjut dan berdaya saing
c. Terwujudnya lulusan yang mampu berperan aktif dalam masyarakat
d. Terwujudnya jaringan kerja yang harmonis dengan orang tua, masyarakat dan pemerintah
e. Terwujudnya peserta didik yang menjunjung tinggi nilai-nilai kejujuran, objektivitas dan tanggung jawab

TATA NILAI YANG DIKEMBANGKAN
Tata Nilai yang dikembangkan di SMA Muhammadiyah Pontren Imam Syuhodo terintegrasi dengan semua mata pelajaran. Aspek yang dikembangkan meliputi Kecakapan Personal dan Sosial.
1. Kecakapan Personal meliputi;
a. Kesadaran diri antara lain
a) Religius dan Islamis; menciptakan keadaan yang Islami pada diri peserta didik baik dari sikap, tindakan, tingkah laku dan ucapan.
b) Jujur; membiasakan bersikap jujur dalam segala hal. Menjaga penuh amanah dan kepercayaan dari teman, guru maupun diri sendiri.
c) Toleransi; Mengajarkan dan membiasakan sikap toleransi baik antar umat beragama, bermasyarakat, berteman dan berkeluarga.
d) Disiplin; menanamkan dan membiasakan sikap disiplin dalam pergaulan, pembelajaran dan pelaksanaan tugas. Juga menerapkan pola hidup disiplin dalam mengurus diri di kegiatan sehari-hari baik di rumah maupun di sekolah.
e) Kreatif; Menumbuh kembangkan kreatifitas peserta didik dalam mengolah kemampuan imajinasi karya dan daya pikir dalam memecahkan suatu masalah dengan hal-hal yang positif.
f) Mandiri; merangsang sikap mandiri peserta didik dalam kegiatan pembelajaran maupun kegiatan positif yang dapat mengedepankan aspek percaya diri, mengembangkan penalaran yang logis dalam memahami kemampuan diri sendiri pada saat memecahkan masalah.
g) Semangat kebangsaan; membiasakan dan mendisiplinkan sikap pada waktu pembinaan hari Senin (baik kelas atau lapangan), upacara bendera, menanamkan rasa bangga pada kebudayaan yang dimiliki oleh Bangsa Indonesia. Menanamkan semangat dan jiwa patriotisme Pancasila.
h) Cinta tanah air; menanamkan rasa Cinta Tanah Air dengan perwujudan pengembangan nilai-nilai norma kebangsaan yang diterapkan di lingkungan sekolah, masyarakat dan dalam pergaulan, serta menanamkan rasa bangga atas produk-produk dalam negeri.
i) Semangat Ber-muhammadiyah; menanamkan rasa cinta kepada Muhammadiyah sebagai gerakan Islam, dakwah amar ma’ruf nahi munkar yang berlandaskan aqidah Islam dan berpedoman kepada Al Qur’an dan As Sunnah, dan menjadi pelopor, pelangsung serta penyempurna amal usaha Muhammadiyah baik di lingkungan sekolah maupun di lingkungan masyarakat.
j) Komunikatif dan cinta damai; mengembangkan komunikasi dan sharing antara peserta didik dengan pendidik dalam berbagai model arah komunikasi, baik satu arah maupun dua arah serta timbal balik, serta mengedepankan sikap musyawarah dan perundingan dalam menyikapi masalah.
k) Peduli lingkungan; membiasakan lingkungan yang bersih, sehat dan nyaman dengan menggiatkan piket kelas serta kegiatan tandhiful ‘am pada hari Jumat maupun hari-hari lain serta melestarikan lingkungan dengan menjaga kebersihan dan penghiajuan lingkungan sekolah dan sekitar.
2. Kecakapan berpikir antara lain; mencari informasi keilmuan yang dilakukan dengan berbagai kegiatan, seperti observasi, membaca, bertanya, dan menganalisa dll.
3. Kecakapan Sosial meliputi, Kecakapan berkomunikasi baik lisan maupun tulisan dan Kecakapan bekerjasama.

 

Postingan Lainnya